Layanan Lisensi Zoom ITB 2025

zoom

Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan penyesuaian layanan lisensi Zoom dalam rangka meningkatkan efisiensi dan optimalisasi layanan teknologi informasi. Kebijakan ini dilatarbelakangi oleh penyesuaian anggaran serta pertimbangan bahwa ITB sudah memiliki layanan Microsoft Teams yang dapat digunakan untuk kebutuhan rapat daring. Selain itu, perkuliahan saat ini sebagian besar telah kembali dilaksanakan secara luring, sehingga kebutuhan akan lisensi Zoom berkurang.

Untuk mengakomodasi kebutuhan yang ada, kini diterapkan skema peminjaman lisensi Zoom. Pemohon dapat melakukan reservasi lisensi Zoom berbayar melalui aplikasi reservasi khusus menggunakan akun ITB. Akun ITB yang digunakan harus sudah terdaftar di sistem Zoom, dan pendaftarannya bisa dilakukan melalui IT Helpdesk SPSI melalui aplikasi layanan: https://it-helpdesk.itb.ac.id atau melalui email: it-helpdesk@itb.ac.id.

Mekanisme Peminjaman dan Prosedur Reservasi

Proses peminjaman lisensi Zoom ini menerapkan prinsip “siapa cepat, dia dapat” (first come, first served). Beberapa poin penting terkait reservasi:

  • Tautan Akses reservasi zoom: https://spsi.itb.ac.id/nic/zoom-booking.
  • Reservasi dapat dilakukan maksimal untuk 7 hari ke depan.
  • Aplikasi tidak menyediakan fasilitas reservasi untuk rapat yang berulang (recurring meeting).
  • Tenaga Kependidikan (Tendik) dapat didaftarkan sebagai perwakilan Unit Kerja Akademik (UKA)/Unit Kerja Pendukung (UKP). Pendaftaran akun Tendik untuk reservasi harus disertai surat penugasan dari Pimpinan Unit Kerja.

Proses reservasi sangat sederhana. Pemohon cukup login ke aplikasi, memverifikasi email ITB, lalu mengisi detail rapat seperti topik, tanggal, waktu, durasi, dan perkiraan jumlah peserta. Setelah itu, sistem akan memeriksa ketersediaan lisensi. Jika tersedia, reservasi dapat langsung dibuat. Lisensi premium akan secara otomatis diberikan 1-2 jam sebelum meeting dimulai. Setelah meeting selesai, lisensi akan dikembalikan ke pool untuk digunakan oleh pengguna lain.